Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Diet Anda berhasil

By Unknown - Tuesday, July 25, 2017

Sudah berapa tahun anda berdiet? Metode diet apa saja yang telah anda coba? Berapa Kg anda berhasil menurunkan berat badan?

Berat badan adalah masalah yang sensitif untuk sebagian orang. Seiiring bertambahnya usia berat badan pun bertambah. 

Lalu pertanyaan adalah kenapa hal ini terjadi?
Jika anda merasa pernah punya berat badan ideal, coba ingat kembali apa saja aktifitas yang anda lakukan dan bagaimana pola makan anda saat itu.

Karena berat anda tidak akan bertambah jika tidak ada sisa kalori/lemak yang tidak terpakai untuk aktifitas. Jadi jika kalori yang masuk dalam tubuh (makanan) seimbang dengan yang dikeluarkan (aktifitas), logikanya anda tidak akan bertambah gemuk.

Lalu jika sudah terlanjur kelebihan berat badan, apa yang harus anda lakukan?

1. Kurangi Karbohidrat
Mengurangi karbohidrat adalah langkah dasar yang disarankan oleh hampir semua metode diet. Rubahlah pola pikir bahwa belum makan nasi berarti belum makan. Kurangilah porsi karbohidrat secara bertahap setiap saat makan atau hilangkan karbohidrat sama sekali di salah satu waktu makan. Dalam 1 minggu saja anda akan merasakan perbedaannya.

2. Olahraga
Beberapa orang mengganggap olahraga tidak akan membuat anda menjadi lebih kurus. Hal ini sangat tergantung olah raga apa yang anda lakukan. Saya sarankan anda bisa berkonsultasi dengan trainer atau jika tidak sempat ke gym anda cukup menginstall aplikasi workout di playstore. Aplikasi ini biasanya mendeskripsikan untuk apa saja gerakan yang mereka sarankan. Apakah untuk melatih jantung, membentuk otot, atau membentuk bagian-bagian tubuh tertentu. Jadi tinggal pilih aplikasi mana yang paling cocok untuk anda.

3. Timbang Berat Badan
Siapkan timbangan di rumah, lebih baik letakkan di dekat meja makan. Tips ini sedikit banyak bisa mempengaruhi nafsu makan anda, hehe. Letakkan juga di dekat tempat tidur, timbang berat badan anda sebelum tidur dan saat bangun tidur. Berat badan anda saat bangun tidur pasti lebih rendah dari sebelum anda tidur. Saat itu kondisi perut kosong. Motivasilah diri anda untuk mengontrol makanan di hari itu, agar berat badan anda sebelum tidur tidak naik terlalu banyak.

4. Beli Baju Dengan Size Yang Lebih Kecil
Seringkah melihat baju yang disuka tapi ternyata tidak ada ukuran yang sesuai. Saran sesat saya, tetap belilah. Pajang baju itu di kamar tidur atau di dekat meja makan bisa juga di tempat anda berolahraga di rumah. Beri motivasi diri sendiri bahwa anda pasti bisa memakainya suatu saat.

5. Konsisten
Menjaga pola makan secara konsisten ini penting. Karena terkadang yang lapar bukan perut, tetapi mata. Anda harus meyakinkan diri anda akan kebutuhan kalori sesuai tinggi badan dan aktifitas harian. Dan jangan pernah mengkonsumsi lebih dari itu.
Lalu bagaimana menghitung berapa kalori dalam setiap makanan yang kita santap?
Next time kita bahas ya
Selamat hidup sehat dan seimbang๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰


  • Share:

You Might Also Like

0 comments