Mengatur Keuangan Dengan Excel

By Unknown - Friday, May 12, 2017

Diantara kita mungkin ada yang kesusahan mengatur pemasukan dan pengeluaran. Yang akhirnya shock, kenapa tiba-tiba saldo tinggal segini, segitu dan seterusnya. Ada beberapa aplikasi android yang bisa digunakan untuk membantu kita mencatat pengeluaran. Namun sebelum kita membahas app android tersebut saya akan mencoba membahas mengatur keuangan dengan Excel. 

Note : Screenshot yang saya tampilkan merupakan libreoffice spreadsheet basically sama saja dengan excel.


Tahap Pertama

Kita akan membuat 2 buah file catatan keuangan
Yang pertama adalah catatan cashflow rekening, kita akan membuat daftar transaksi sesuai dengan mutasi rekening setiap bulannya. Siapkan 1 sheet untuk satu account, jika memiliki beberapa account bank, buatlah sheet untuk masing-masing account. Ini akan memudahkan kita jika ingin mengecek keuangan secara bersamaan, karena sudah terintegrasi dalam 1 file.



File yang kedua berisi rincian pengeluaran tiap bulan. Buat kolom untuk mendata pengeluaran per hari, per minggu dan per bulan. Daftar yang dibuat sebisa mungkin sesuaikan dengan keadaan sebenarnya (jangan menambah dan mengurangi), namun skip untuk menambahkan hal-hal yang insidental, misal biaya kondangan, bayar ujian sekolah dan lain-lain. Setelah rincian keuangan dan penjumlahan total selesai, maka akan terlihat berapa pengeluaran rata-rata per bulan exclude pengeluaran insidental. Dari sini dilakukan evaluasi apakah ada pengeluaran bulanan yang extraordinary, apakah ada yang perlu dikurangi dan seterusnya. Tambahan catatan dibawah kolom bahwa seluruh pengeluaran belum termasuk pengeluaran insidental. Buatlah sheet tersendiri untuk pengeluaran insidental setiap bulannya.

Note : Pembuatan File ini akan lebih mudah dilakukan dengan laptop atau komputer

Tahap Kedua
Tahap ini adalah untuk mencatat setiap transaksi harian/mingguan/bulanan yang terjadi. Agar tak ribet membuka laptop, anda bisa menuliskannya di smartphone, bisa menggunakan WPS atau app office lainnya. 

Pastikan setiap minggu atau bulan anda akan memindahkan transaksi yang tercatat di hp ke dalam file excel rincian keuangan per bulan. Untuk memastikan kesesuaian rencana keuangan yang telah anda susun dengan realitanya.

Ribet? Coba dulu lah ya, next time kita kan bahas pencatatan keuangan dengan app dari smartphone anda.

See U ^_^





  • Share:

You Might Also Like

0 comments