Mengatasi Emosi Si Kecil Yang Kerap Meledak-Ledak

By Unknown - Friday, March 10, 2017

Seringkah anda melihat anak-anak yang menangis merengek di tempat umum? Atau yang melakukan kekerasan fisik saat keinginannya tidak dituruti?

Kekurangan kemampuan mengelola emosi pada anak jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan banyak hal negatif saat dia dewasa. Sebagai orang tua mungkin akan dengan mudah memahami saat anak berlaku negatif karena emosi, namun bagaimana dengan orang lain?

1. Kenali Karakternya
Ada anak-anak yang akan menurut dengan cukup sekali diberi pengertian, namun ada juga mereka yang diberi pengertian berkali-kali tidak berefek sama sekali.

Karakter anak sebenarnya adalah bawaan dari kedua orang tuanya, jadi menghadapi hal ini diperlukan kerjasama antar kedua orang tua. Jika sifat negatifnya muncul bagaimana cara mengatasinya. Apa yang perlu dilakukan? Pendekatan seperti apa yang paling nyaman? Reflesikan pada diri sendiri saat kita masih kecil.

2. Dapatkan Kepercayaannya
Anak-anak akan lebih mudah menerima pengertian, jika kita sebagai orang tua konsisten dengan apa yang kita katakan. Jika terbiasa diberi janji-janji kosong hanya agar diam tak merengek lagi, maka hal ini hanya akan menyebabkan rengekan yang lebih parah di kemudian hari. Konsistensi ini penting untuk mendapatkan kepercayaan mereka.

3. Kenali Situasi Pemicu
Kenali situasi seperti apa yang akan memicu anak berlaku negatif. Hal ini diperlukan agar kita siap menghadapinya. Tak perlu menjauhkan anak dari situasi tersebut. Justru kita pun sebagai orang tua harus belajar cara mengatasinya. Dan agar anak pun mengerti bahwa ada hal-hal yang tidak seharusnya mereka lakukan.

4. Tak Semuanya Akan Mereka Dapatkan
Hal ini sangat penting agar anak tidak menggunakan rengek-an atau tangisan sebagai senjata untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka harus belajar bahwa ada hal-hal yang tidak bisa mereka dapatkan. Dan hal yang mereka inginkan itu tidak akan didapat dengan merengek atau menangis. Tahap ini cukup berat dilakukan, karena mungkin sebagai orangtua akan malu jika si kecil menangis di tempat umum hanya karena tidak dikabulkan permintaannya. Maka sebagai orang tua kita juga harus banyak berfikir positif dan belajar mengendalikan emosi.

Kita hari ini adalah anak-anak kita di masa depan
Keep positive
Keep happy
^_^







  • Share:

You Might Also Like

0 comments