How to Start Write Your Own Book (Part 1)

By Unknown - Tuesday, February 21, 2017

Pernahkah terlintas ide-ide hebat atau rangkaian kisah dramatis. Tapi hanya terlintas, tak sempat ditulis, apalagi direalisasikan.
Lalu pernahkah terfikir untuk membuat sebuah buku?
Berikut adalah langkah-langkah mudah menulis sebuah buku (kesampingkan bagian sulitnya, 😄)

1. Rekam Secepatnya
Ide apapun, atau kisah apa saja bisa kita rekam begitu terlintas di kepala.
Caranya ada dengan menuliskannya di hp. Bukankah kemana-mana kita membawa hp, sesering mungkin membukanya, bahkan di sela-sela aktifitas yang padat.
So, menuliskannya dalam bentuk note, bukanlah hal yang sulit. Semudah kita mengetik untuk membalas pesan wa. Jadi tidak perlu menganggap tahap awal ini riweh dan menyebalkan.

2. Rapikan
Saat senggang jadikan ide-ide tertulis menjadi satu rangkaian. Kelompokkan berdasar jenis, misal fiksi dan non fiksi. Lalu persempit tema dan sub temanya. Buat folder khusus per sub tema. Alokasikan cukup 30 menit - 1 jam untuk proses ini.

3. Buat Outline
Setelah rapi dalam satu folder, buatlah outline untuk merangkainya. Jika menemukan bagian - bagian yang tak berkaitan, keluarkan dari folder tersebut, mungkin tempatnya memang bukan disitu.
Menyusun outline membutuhkan waktu yang lebih lama dan mungkin juga lebih membosankan. Karena jika hanya mengerjakan dengan mood, akan susah membuat outline untuk ide spontan dan cenderung meloncat-loncat.

4. Selesaikan Setiap Bab
Mengisi bab, bisa jadi bagian terberat. Dari awalnya hanya 1 kalimat yang kemudian menjadi judul bab dalam sebuah outline. Kita harus mengembangkannya secara panjang lebar menjadi beberapa ratus-ribu kata. Yang semuanya, harus enak dibaca. Berat? Yap
Cara mempermudahnya adalah dengan banyak membaca referensi yang sesuai dengan apa yang ingin kita tulis.
Semakin banyak membaca akan semakin bertambah wawasan kita akan suatu topik dan hal ini bisa menjadi modal besar untuk membuat sebuah bab yang berbobot.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments