Mom’s Diary : Minyak Ajaib Untuk Segala Keluhan Si Buah Hati

By Unknown - Tuesday, November 29, 2016

Punya balita yang sedang aktif-aktifnya?

Suka nabrak dan lari-lari sembarangan?

Sering jatuh?

Benjol?

Salah satu benda yang saya bawa dari kampung halaman untuk merantau ke kota, adalah Minyak Tawon. Kenapa Minyak Tawon? Dulu saya hanya ingat bahwa Minyak Tawon ampuh mengobati gatal akibat gigitan nyamuk. Dan selama kuliah di Surabaya, Minyak Tawon menjadi salah satu andalan menghadapi gigitan nyamuk di Keputih yang super ganas. Baru setelah si kakak lahir, saya menemukan banyak sekali khasiatnya yang lain.

Awalnya adalah saat kakak terjatuh, karena tidak punya stok betadine saya mengoleskan Minyak Tawon di lukanya dan hanya selang beberapa jam lukanya sudah mengering, jauh lebih cepat daripada memakai betadine. Lalu di kejadian yang lain saat kepala terbentur sesuatu, saya oleskan Minyak Tawon lagi dan beberapa saat kemudian lukanya mengempis. Begitupun ketika digigit ulat, Minyak Tawon mampu mengatasi rasa sakit dan gatalnya dengan cepat.

Bukan hanya untuk anak-anak, Minyak Tawon juga bisa dipakai oleh orang dewasa. Minyak Tawon bisa mengurangi gejala perut kembung dan masuk angin. Maka saya selalu membawanya jika berpergian. Khasiat lain yang terbukti ampuh adalah mengobati sakit gigi, cara kerjanya dengan meneteskan Minyak Tawon pada kapas lalu digigit dibagian gigi yang sakit.



Minyak Tawon ini adalah ramuan dari seorang Chinese bernama Lie A Liat, yang awalnya diberi nama Too Bo Loeng. Produk ini lalu dikembangkan pemasarannya dari Makassar ke Batavia dan Surabaya. Usahanya Minyak Tawon ini lalu dilanjutkan secara turun-temurun sampai ke generasi ketiga saat ini. Itulah kenapa pada sampul botolnya terdapat tulisan China.

Dengan segala khasiatnya, Minyak Tawon juga memiliki kekurangan, yaitu baunya yang kurang sedap. Namun aroma Minyak Tawon ini tidak bertahan lama, jadi sebenarnya tidak terlalu masalah. Produk ini sangat mudah didapatkan karena hampir tersedia hampir di seluruh gerai minimart.

Berikut ini komposisi Minyak Tawon ini:
  Minyak Kelapa (Oleum Cocos) : Berguna bagi kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A  dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.
  Minyak kayu putih (Oleum Minyak Kayu Putih) : Mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.
  Cengkeh. Bermanfaat meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.
 Daun lada, jahe, kunyit dan bawang. Mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah
(sumber : obatherbalalami.com)


Oh iya, selain khasiat yang saya sudah sebutkan di atas, Minyak Tawon juga cocok untuk pijit dan urut. Efektif untuk mengurangi pegal-pegal dan kehangatannya mampu membantu melancarkan peredaran darah. 

Bagaimana? Tertarik untuk menambahkan Minyak Tawon dalam kotak obat anda? 
^_^ 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments