Xi'an The Imperial City Part 3: Winter and When The Snow Coming

By Unknown - Tuesday, October 18, 2016

Salju hanya turun beberapa kali di xi'an, dan hanya turun lebat 2x. Yap hanya dua kali, jadi kalau mau travelling saat winter dan pengen bertemu salju, saya gak merekomendasikan ke xi'an, hehehe. Saljunya pun gak terlalu tebal, jadi hampir gak bisa bikin olaf :-v. But... untuk kami yang terbiasa tinggal di panas nya ibukota, salju tetap sesuatu yang amazing, paling enggak sya ma chi bisa guling guling, bisa bikin gunung-gunung kecil, lumayan lah ya.

taman (ruang terbuka hijau) di sebelah apartemen

Neng winter teh telah membuat saya jatuh cinta, bagaimana tidak? saat winter gak perlu kena sinar matahari untuk jalan kemana-mana, untuk saya yang bawaan mukanya kucel kalau kena panas, tentu sangat berarti, :-D. Hembusan anginnya meski kencang tapi tetep lembut, bener-bener membuat rindu untuk ngerasain lagi.

Winter di xi-an kurang lebih 4 bulan, dari tengah November sampai tengah maret, dan salju turun sekitar akhir januari sampai awal februari. Suhu terendah di xi’an, berdasar app di hp hanya sekitar -27°C, gak terlalu dingin dibanding Beijing. Buat anak-anak juga masih save n nyaman, hanya karena si kecil memang gak kuat dingin (dinginnya bandung aja sering pilek :-v) jadi kita gak jalan jauh-jauh.

yang paling gak kuat dingin, tapi yang paling ngengkel gak mau pulang


Yang amazing adalah tanpa matahari jemuran pun tetap kering (njemurnya indoor), karena kelembapan udaranya yang rendah, asyik banget lah ya, hahahaha.

Satu lagi adalah soal fashion, yang memang pas berangkat kurang persiapan, akhirnya disana riweh nyari baju dingin lagi (dari indo cuma bawa 1 trench). Model baju atau trench coat winter disana benar-benar bikin ngiler, cakep-cakep banget, tapi masalahnya…. sangat susah mencari ukuran yang xiao (kecil) S atau M, rata rata baju yang dijual offline adalah size L, dan sampai winter berakhir gak dapat trench yang pas size nya *_". Kalau sudah begitu jadi sering mikir, ingat jaman kecil dulu sering sedih dikatai genter (karena kurus tinggi), padahal mah 155 gak ada apa apa nya kalau keluar negeri *_* (jadi tambah dendam sama para tukang bully, eh gak boleh dink :-D).

Tips: jika ingin travelling saat winter ada baiknya ngisntall app weather dulu, ada banyak di playstore. Jadi kita bisa milih mau datang pas ada salju atau enggak, atau paling enggak bisa tahu berapa suhu di tempat tujuan jadi persiapan lebih matang, sippp ^_^


  • Share:

You Might Also Like

0 comments