My Simply Kitchen : Tips mudah n praktis membuat lontong

By Unknown - Thursday, July 02, 2015

Bulan puasa ini mencoba membuat lontong sendiri, karena disini kagak ada yang jual ;p , sedangkan lagi kepengen gado gado. Akhirnya browsing cara membuat lontong yang praktis. Karena panci gede gak dibawa ke bandung, akhirnya pada percobaan awal memanfaatkan magicom saja :-).
Berdasar hasil gugling rata2 menyarakan kalau mau pake plastik isi beras sepertiganya, tapi hasilnya kalau menurutku terlalu lembek dan lama matengnya (hampir 4 jam baru jadi), lebih mantep n lebih cepat mateng kalau diisi kurang lebih setengahnya (2 jam an sudah jadi).
Gunakan plastik yang tebal yang tahan panas, semakin kecil plastik menurutku semakin baik, lebih cepet matengnya. Kenapa cepet mateng ini penting, gas n listrik sekarang mahal saudara, wkwkwk (mak mak ngirit ;p).
Kalau plastiknya kecil, di panci biasa pun muat, hal terpentingnya adalah lontong harus kerendem terus, kalau air berkurang segera diisi lagi.
Jangan lupa untuk membuat lubang kecil kecil di plastiknya, agar air bisa keluar masuk, jarang antar lubang kurleb 1,5cm.
Dan aq br tau kalau sebelum dia jadi lontong, teksturnya akan terlihat seperti nasi (dan dengan dudulnya pada fase ini aq pikir gagal membuat lontong, hahaha), yang mana jika proses dilanjutkan baru teksturnya berubah menjadi lontong (itulah kenapa masak lontong lebih lama dari masak nasi).

Jadi urutannya,
1. isi plastik dengan beras yang sudah dicuci, (bisa sepertiga atau setengah, sesuai selera aja)
2. tusuk tusuk plastik dengan jarak antar lubang kurang lebih 1,5cm (bisa pakai jarum atau tusuk gigi)
3. taruh dalam panci atau magicom dan isi dengan air sampai semua lontong terendam
4. masak kurang lebih 2-4 jam, (lama masak tergantung komposisi beras dalam plastiknya)
5. jangan masak mepet dengan waktu mau dimakan karena begitu mateng gak bisa langsung dimakan, harus didiemin dulu biar dingin dan teksturnya memadat, semakin lembek lontong semakin lama waktu ngedieminnya.
6. Akan lebih sehat jika lontong dibungkus daun dan bukan plastik ya, nanti klo aq buat versi daun insyaAllah akan di share lagi.

Selamat mencoba , Selamat berpuasa ^_^

  • Share:

You Might Also Like

0 comments