Mom's diary : mengatasi demam pada bayi / anak

By Unknown - Monday, September 01, 2014

Penyebab demam pada bayi bermacam-macam. Naiknya suhu tubuh bayi terjadi sebagai reaksi melawan penyakit
akibat kuman atau virus yang menyerang. Berdasar pengalaman pribadi, bayi/anak akan demam saat dia : kecenglak or diare or masuk angin.

Untuk kecenglak cara mengatasinya ya diurut  ke tukang pijet. Cara mengetahui apakah dia kecenglak tanda-tanda nya adalah, anak susah or gak mau minum n
lehernya anget plus nangis mulu.

Klo diare tanda-tandanya bayi pup lebih dari 3-5 kali sehari. Tapi ini cuma untuk bayi diatas 1 bulanan, karena dibawah satu bulan sistem pencernaan bayi masih menyesuaikan dengan asupan yang diterimanya jadi pup nya bisa lebih dari 10x.
Cara menanganinya :
1. kasih minum asi yang banyak
2. kasih air putih – plus oralit tiap habis pup (tp kebetulan syadza gak suka)
3. untuk bayi yang dah maem MPASI : MPASI tetap diberikan tapi jangan makanan yang asem or mengandung serat.
4. kalau sudah enggak asi, bisa minum pocari, atau minuman ber ion gitu, fungsinya untuk mencegah dehidrasi.

Jika disertai demam:
1. jangan diselimuti or dipakein baju tebel
2. kompres pake air anget
3. jika panasnya diatas 38-38,5 beri Parasetamol (in this case “sanmol” was recomended based browsing2x di internet n saran orang2x dekat . Berikan sesuai dosis. Satu hal yang perlu diperhatiin banyak yang muntah setelah diminumi sanmol ini(termasuk Syadza), so berikan setetes demi setetes aja dengan posisi bayi duduk/tegak, insyaAllah gak bakal muntah; hal ini dah dicoba juga ke Syadza, n it works.

Kalau sebabnya karena masuk angin, bisa dicoba diminumin tolak angin anak, atau kalau masih bayi, coba perutnya ditempeli irisan bawang merah, bawang merah ini menpunyai khasiat melancarkan peredaran darah dan selain itu juga efek hangatnya akan mengurangi kembung pada perut bayi.

Biasanya sakitnya ini akan dibarengi dengan berkurangnya nafsu makan, maka sebagai tambahan vitamin, sari kurma bisa dicoba, madu atau propolis juga bisa.

So akan jauh lebih baik kalau kita punya 3 benda ini dirumah:
1. termometer
2. parasetamol
3. oralit

Jika sampai 3hari kondisinya gak membaik, atau menunjukkan tanda-tanda dehidrasi jangan ragu untuk membawanya ke dokter or bidan.
Saran-saran disini ditulis berdasar pengalaman bunda ke sya n chi, so mungkin ada yang punya different experience, silahkan di share.
Happy a new mom. ^_^

  • Share:

You Might Also Like

0 comments